Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Vol 2, No 2 (2022): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah

Strategi Guru Al-Qur'an Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Tingkat SD

Dendi Iskandar Suhendri (STAI Al-Hidayah Bogor)
Rahendra Maya (STAI Al-Hidayah Bogor)
Ali Maulida (STAI Al-Hidayah Bogor)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi guru Al-Qur'an Metode Tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa Kelas IV di SD Bina Insani Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif-interpresif. Adapun hasil dari penelitian ini (1) bahwa SD Bina Insani telah melahirkan sejumlah siswa yang mampu membaca Al-Qur'an dengan tartil, baik, dan benar; (2) banyak faktor yang mendukung peningkatan kemampuan siswa baik dari media pembelajaran maupun dari strategi guru itu sendiri; (3) kemudian dari proses strategi guru Al-Qur'an Metode Tilawati terdapat hambatan yang didapati dari sisi guru maupun siswa; (4) pihak SD Bina Insani tidak menutupi kemungkinan untuk berjalanannya proses pembelajaran Al-Qur'an Metode Tilawati untuk meningkatkan komunikasi dan kerja sama terhadap pihak orangtua atau wali murid

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

contains various activities of the teaching staff in STAIA Bogor in handling and managing the different potentials, obstacles, challenges, and problems that exist in society. Implementation of service activities also involves the participation of the community and partners. Service activities are ...