Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Vol 3, No 1 (2023): Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah

IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN AKHLAK DAN PRESTASI BELAJAR DI MTsS TERPADU YAPISA MEGAMENDUNG BOGOR

M Abdul Muiz (Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah Bogor)
M Hidayat Ginanjar (Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah Bogor)
Heriyansyah Heriyansyah (Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah Bogor)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2023

Abstract

Peserta didik merupakan orang atau anak didik yang sedang menuntut ilmu pengetahuan yang berusaha untuk mengembangkan diri dalam sebuah jenjang pendidikan baik pendidikan formal maupun pendidikan nonformal. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif lapangan yang bertempat di MTsS Terpadu Yapisa Megamendung Bogor dengan menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi manajemen peserta didik secara umum di MTsS Terpadu Yapisa Megamendung Bogor? Bagaimana kondisi akhlak dan prestasi belajar di MTsS Terpadu Yapisa Megamendung Bogor? Apa saja faktor pendukung dalam meningkatkan akhlak dan prestasi belajar di MTsS Terpadu Yapisa Megamendung Bogor? Apa saja faktor penghambat dalam meningkatkan akhlak prestasi belajar di MTsS Terpadu Yapisa Megamendung Bogor? Bagaimana solusi mengatasi faktor penghambat manajemen peserta didik dalam meningkatkan akhlak dan prestasi belajar di MTsS Terpadu Yapisa Megamendung Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Manajemen peserta didik sudah cukup baik. Karena pelaksanaa manajemen di MTsS Terpadu Yapisa ini sesuai apa yang direncanakan. Tentunya akhlak peserta didik secara umum sangat baik dalam kesahariannya begitupun dalam prestasinya selalu meraih prestasi akademik maupun non akademik. Adanya perhatian dari guru. Kurangnya bimbingan guru terhadap siswa. Adanya fasilitas belajar yang memadai.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

contains various activities of the teaching staff in STAIA Bogor in handling and managing the different potentials, obstacles, challenges, and problems that exist in society. Implementation of service activities also involves the participation of the community and partners. Service activities are ...