Kecerdasan emosional memiliki peran penting dalamĀ kehidupan, terkhusus dalam berkomunikasi dengan masyarakat luas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui upaya guru akidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Al-Inayah kecamatan Ciomas kabupaten Bogor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data penelitian ini ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah guru menjadi uswah hasanah, melakukan bimbingan dan arahan, berkomunikasi dengan wali siswa, dan memberi hadiah kepada siswa. Faktor pendukung: program pembiasaan, dukungan dan kerjasama, dan tata tertib sekolah. Faktor penghambat: pengaruh lingkungan luar sekolah, terbatasnya waktu kegiatan belajar mengajar, dan siswa yang sering tidak masuk sekolah. Solusi terhadap faktor penghambat: guru bekerja dan mengajar secara maksimal, siswa agar tetap hadir di sekolah, siswa tidak melanggar aturan pemerintah pada masa virus covid-19, dan melakukan home visit
Copyrights © 2021