Guru merupakan aktor penting dalam penanganan kedisiplinan salat berjamaah peserta didik di sekolah, penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui sejauh mana penaganan guru pendidikan agama Islam pada penanganan kedisiplinan salat berjamaah peserta didiknya. Penelitian ini dilaksanakan disekolah SMA Islam Terpadu Al-Madinah Karadenan Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor dengan menggunakan metode kualitatif lapangan non statistik. Adapun hasil penelitian ini yaitu (1) Kondisi kedisiplinan salat berjamaah peserta didik kelas XI SMA IT Al-Madinah sudah sangat kondusif dan tertib (2) Strategi yang dilakukan yaitu bekerjasama dengan guru-guru piket dan membentuk kelompok guru iman dan taqwa (IMTAQ) untuk mengawasi dan membimbing peserta didik (3) Faktor pendukung yaitu lokasi masjid yang berdekatan, banyaknya kegiatan ekstrakurikuler berkaitan dengan ibadah yang diselenggarakan oleh pihak sekolah, seperti kajian umum, praktek haji dan lain-lain (4) Faktor penghambat yaitu sekolah Islam Terpadu berbasis umum, kurangnya kesadaran dalam ibadah dan kondisi lingkungan di rumah (5) Solusinya yaitu memberikan hukuman yang mendidik berupa menulis follow the line dan menerapkan program home visi
Copyrights © 2021