Hasil penelitian ini adalah (1) Kondisi prestasi belajar anak sebagian besar nilainya di atas KKM (2) Upaya orang tua; orang tua memberi motivasi terhadap anaknya, menjalin komunikasi yang baik dengan anak, memenuhi semua kebutuan belajar anak, menemani anak ketika sedang belajar di rumah, memberikan asupan makanan yang baik, memberikan pujian dan hadiah (3) Faktor-faktor pendukung; orang tua dan guru harus menjalin hubungan yang baik, mempunyai pemahaman Agama yang cukup, tinggal di lingkungan yang baik, meluangkan waktu untuk menemani anaknya belajar, penghasilan yang cukup, cita-cita yang besar untuk anaknya (4) Faktor-faktor penghambat; kurangnya komunikasi dengan guru, kurangnya pemahaman Agama orang tua, tinggal di lingkungan yang kurang baik, tidak mempunyai waktu yang cukup untuk menemani anaknya belajar, penghasilan yang pas-pasan, kurangnya cita-cita dari orang tua untuk anaknya (5) Solusi; menjalin hubungan yang baik dengan guru, selain belajar di lembaga formal, juga memasukkan anaknya ke lembaga non formal, membatasi anak dalam bermain, menganjurkan anaknya membuat kelompok belajar di rumah, menganjurkan anaknya menabung, memiliki keinginan yang besar untuk masa depan anaknya
Copyrights © 2022