Journal of Management and Industrial Engineering (JMIE)
Vol. 2 No. 1 (2023): Journal of Management and Industrial Engineering (JMIE)

EFEK NILAI EMOSIONAL DAN NILAI FUNGSIONAL DALAM MENDORONG PENINGKATAN LOYALITAS KONSUMEN

Evi Novitasari (Institut Bakti Nusantara)
Nabila Kharimah Vedy (Institut Bakti Nusantara)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2023

Abstract

Studi mengenai nilai fungsional dan nilai emosional pada loyalitas konsumen adalah studi yang terus mendapatkan sorotan. Akan tetapi terdapat kontra terkait hubungan tersebut sehingga studi mengenai loyalitas konsumen dipertanyakan dengan penemuan dalam objek penelitian tentang penurunan penjualan. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan efek nilai emosional dan nilai fungsional yang diyakini dapat mendorong peningkatan loyalitas konsumen pada suatu produk, organisasi atau perushaan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian (eplonatory research, dan menggunakan teknik observasi, kuisioner/angket dan dokumentasi. Objek penelitian pada toko Aisyah Husna. Populasi seluruh konsumen Wardah Toko Aisya Husna Braja Harjosari, Provinsi Lampung, Indonesia . Pengambilan sampel pada penelitian ini metode pengambilan sampel 100 respondendenganmetode pengambilan sampling Non Probability Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh terbesar adalah pada variabel nilai fungsional, sedangkan pengaruh terkecil adalah variabel nilai emosional terhadap niat pembelian. Secara keseluruhan efek dari kedua variabel tersebut sangat berpengaruh, akan tetapi tingat presentasenya sangat rendah yang dimana pada hal ini variabel loyalitas konsumen banyak dipengaruhi oleh variabel lainnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmie

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Journal of Management and Industrial Engineering (JMIE) Program Studi Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknologi Nusantara Lampung berbentuk Open Journal System (OJS) yang terbit satu tahun sebanyak 2 (dua) kali yakni bulan September dan Maret tiap tahunnya. JMIE terbit sejak tahun 2022 hingga saat ...