Rudence: Rural Development for Economic Resilience
Vol. 2 No. 3 (2023): Vol. 2 No. 3 (2023)

OPTIMALISASI PEMANFAATAN SOCIAL MEDIA DAN MARKETPLACE SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UNGGULAN UMKM DI KALURAHAN SIDOHARJO, KAPANEWON SAMIGALUH, KABUPATEN KULON PROGO

Dianila Oktyawati (Program Studi Akuntansi Sektor Publik, Departemen Ekonomika dan Bisnis, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada)
Dina Natasari (Program Studi Akuntansi Sektor Publik, Departemen Ekonomika dan Bisnis, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada)
Hilda Octavana Siregar (Program Studi Akuntansi Sektor Publik, Departemen Ekonomika dan Bisnis, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada)
Sumirah Sumirah (Program Studi Akuntansi Sektor Publik, Departemen Ekonomika dan Bisnis, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
22 May 2023

Abstract

Salah satu potensi yang dimiliki oleh Kalurahan Sidoharjo Kapanewon Samigaluh Kabupaten Kulon Progo adalah Unit Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tersebar di 18 kalurahan. Sebagian besar pelaku UMKM dalam memasarkan dan menjual masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan cara memajang dan menjual pada outlet, toko/ warung, dan supermarket. Akibatnya, cakupan pasar belum terjangkau secara luas. Padahal di era digitalisasi sekarang ini, pemasaran dapat dilakukan dengan memanfaatkan social media dan marketplace untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan penjualan. Dengan demikian, diperlukan pendampingan untuk mengoptimalkan pemanfaaatan social media dan marketplace sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan produk UMKM. Sasaran kegiatan ini adalah kelompok UMKM Kalurahan Sidoharjo. Metode pelaksanaan pengabdian diawali dengan diskusi kondisi awal dan permasalahan yang sedang dihadapi oleh kelompok UMKM. Kemudian dilakukan identifikasi permasalahan, observasi dan wawancara terhadap kelompok UMKM, menyusun panduan penggunaan social media dan marketplace, membantu pembuatan konten yang menarik, melakukan pelatihan dan pendampingan pemanfaatan social media dan marketplace.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

rudence

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Activities related to the development of micro, small and medium enterprises, rural-owned enterprises (BUMDESA), and local community businesses Activities related to sociopreneur development Activities related to the community empowerment and development Design appropriate technology Community ...