Penelitian ini merupakan penelitian kegiatan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa di MTs DDI Pariangan. Kemampuan penalaran matematika meliputi 6 indikator yaitu (1) Mengajukan dugaan, (2) Melakukan manipulasi matematika, (3) Menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan, atau bukti terhadap kebenaran solusi, (4) Menarik kesimpulan dari pernyataan, (5) Memeriksa kesahihan suatu argumen, (6) Menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi. Lembar observasi dianalisis secara kualitatif dan tes kemampuan penalaran matematika juga secara kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif pada lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran materi himpunan siklus I diperoleh  66,66%, pada siklus II mengalami peningkatan diperoleh 92,85%. Berdasarkan hasil di analisis data kualitatif pada lembar  observasi aktifitas siswa pembelajaran materi himpunan pada siklus I diperoleh 57,13% dan pada siklis II diperoleh 85,71%. Berdasarkan hasil yang sudah analisis data kualitatif bisa disimpulkan bahwasanya model pelajaran langsung bisa mengembangkan kemampuan penalaran matematika siswa VII A MTs DDI Pariangan.
Copyrights © 2023