Jurnal Ilmu Komunikasi Progressio
Vol 4, No 1 (2023): Maret

PENGARUH MENONTON FILM “TURNING RED“ TERHADAP PEMAHAMAN PUBERTAS PADA REMAJA PEREMPUAN

Nurul Hidayat (Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2023

Abstract

Pubertas merupakan hal yang umum terjadi dalam proses pertumbuhan manusia, namun sepertinya masih tabu untuk dibicarakan terutama pada kaum perempuan. Maka dari itu, film merupakan salah satu alternatif yang dapat menjelaskan kejadian tersebut dengan visual yang menyenangkan dan nyaman untuk dipandang bagi anak-anak. Film keluaran Disney “Turning Red” dapat dijadikan contoh dalam kategori film tersebut. Film ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Mei Lee yang mengalami situasi unik, yang di mana ia dapat berubah menjadi panda merah raksasa ketika sedang mengalami emosi yang berlebihan. Tujuan dari penelitian ini ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh menonton film “ TURNING RED “ terhadap pemahaman pubertas oleh para remaja perempuan di Kecamatan Gunung Putri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah Teori stimulus respon yang beranggapan bahwa komunikasi merupakan proses aksi-reaksi. Artinya model ini mengasumsi bahwa kata-kata verbal, isyarat non verbal, simbol- simbol tertentu akan merangsang orang lain memberikan respon dengan cara tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan metode survey melalui penyebaran kuesioner dengan diselipkan didalamnya poster berisikan ilustrasi berkaitan dengan film “Turning Red” kepada remaja usia 8-13 tahun di Kecamatan Gunung Putri. Hasil Penelitian menyatakan bahwa menonton Film “Turning Red” berpengaruh terhadap pemahaman pubertas pada remaja Gunung Putri berdasarkan pendekatan yang lucu dan menarik untuk ditonton oleh kalangan remaja,  film Turning Red memberikan pemahaman yang ditangkap dengan baik oleh para responden.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

progressio

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

- Manajemen Komunikasi - Media Literasi - Cyber Media - Komunikasi dan Gender - Semiotika - Komunikasi Pemasaran - Komunikasi Organisasi - Komunikasi Sosial dan ...