Jurnal Minfo Polgan (JMP)
Vol. 12 No. 1 (2023): Artikel Penelitian Juni 2023

Sistem Pengaduan Pelanggan Berbasis Website Pada PT PLN (Persero) ULP Krueng Geukueh Aceh Utara

Rizki Suwanda (Universitas Malikussaleh, Aceh, Indonesia)
Zara Yunizar (Universitas Malikussaleh, Aceh, Indonesia)
Nur Mauliza (Universitas Malikussaleh, Aceh, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 May 2023

Abstract

Pengaduan adalah bentuk ketidakpuasan pelanggan atas pelayanan yang diberikan oleh suatu lembaga. Kontribusi pengaduan dalam rangka perbaikan kualitas pelayanan pelanggan, menuntut lembaga untuk serius dalam pelaksanaan penanganan pengaduan (complaint handling). Untuk memperoleh kepercayaan pelanggan melalui penanganan pengaduan, keluhan atas permasalahan listrik pelanggan di PT PLN (Persero) ULP Krueng Geukueh Aceh Utara perbulannya selalu meningkat atas kasus yang sama, dikarenakan tidak ada data pengaduan pelanggan yang bisa direkap perbulannya maka perbulannya terjadi banyak keluhan yang tidak terkontrol. Dalam penelitian ini pengembangan Sistem Pengaduan Pelanggan Berbasis Website pada PT PLN (Persero) ULP Krueng Geukueh Aceh Utara perlu dilakukan, dimana sistem ini dapat membantu karyawan terutama bagian pelayanan agar dapat mengurangi keluhan yang sama perbulannya. Maka perbulannya karyawan bisa merekap semua keluhan guna untuk menangani dan mengurangi permasalahan pelanggan. Sistem Pengaduan Pelanggan Berbasis Website ini dikembangkan menggunakan bahasa PHP, CodeIgniter sebagai Framework dan MySQL sebagai penyimpanan data.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Library & Information Science Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Minfo Polgan (JMP) merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Ganesha Medan terbit berkala (satu tahun dua kali yaitu Maret dan September) dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil riset bidang teknologi dan informasi kepada para akademisi, ...