Jurnal Minfo Polgan (JMP)
Vol. 12 No. 1 (2023): Artikel Penelitian Juni 2023

Analisa Pemasaran Digital, Manajemen Operasional dan Manajemen Hubungan Pelanggan PT. Panasonic Manufacturing Indonesia

Golan Hasan (Universitas Internasional Batam)
Benny (Universitas Internasional Batam)
Liana Ester (Universitas Internasional Batam)
Elvina Enjelica (Universitas Internasional Batam)
Fionna (Universitas Internasional Batam)
Fandion Melsen (Universitas Internasional Batam)
R. Iqratul Iman (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
26 May 2023

Abstract

Manajamen operasional merupakan proses manajemen yang memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan. Manajemen operasional adalah serangkaian proses yang dilakukan dalam upaya pencapaian tujuan perusahaan, diantaranya mengurangi biaya produksi, serta memastikan tidak adanya sumber daya yang berlebihan, atau tersia-siakan. Perusahaan juga perlu mempelajari cara berinteraksi dengan pelanggannya, serta mempertahankan pelanggan, sehingga membutuhkan manajemen hubungan pelanggan. Dalam menjaga hubungan dengan pelanggan di jaman yang kemajuan ini, perusahaan perlu melakukan pemasaran digital yang tidak hanya dapat mempertahankan loyalitas pelanggan, namun juga dapat mempromosikan, menjual produk, serta agar dapat bersaing dengan perusahaan kompetitor lainnya menggunakan beberapa teknik yang dapat dilakukan dengan media digital. Dalam memahami lebih baik tentang bagaimana perusahaan harus dikelola mulai saat ini, hingga kedepannya, serta cara agar kinerja perusahaan tetap berkembang, dan bertumbuh, dan memaksimalkan profit adalah tujuan utama dari dilakukannya beberapa manajemen ini. Pada penelitian ini, data yang digunakan adalah data primer, yang menunjukkan pentingnya menanggapi respon dari pelanggan, yang dapat dijadikan patokan perubahan selanjutnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Library & Information Science Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Minfo Polgan (JMP) merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Ganesha Medan terbit berkala (satu tahun dua kali yaitu Maret dan September) dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil riset bidang teknologi dan informasi kepada para akademisi, ...