Jurnal Minfo Polgan (JMP)
Vol. 12 No. 1 (2023): Artikel Penelitian Juni 2023

Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Dalu X-B Tanjung Morawa)

Gita Wardani (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)
Yayuk Yuliana (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Julianto Hutasuhut (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)
Abd.Rasyid Syamsuri (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Smartphone Vivo dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Smartphone Vivo. Populasi penelitian adalah masyarakat Dalu X-B Tanjung Morawa yang menggunakan Smartphone Vivo sebanyak 45orang. Teknik sampel menggunkan sampel jenuh sehingga jumlah sampel penelitian ini adalah sebesar 45 orang. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 25. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik dan uji regresi linier sederhana. Untuk membuktikan hipotesis dianlaisis berdasrkan uji t. Hasil uji regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 3.680 + 0,601X. Hasil uji t diperoleh nilai t-hitung untuk kualitas produk sebesar 8,075 dan lebih besar dari t table yaitu 1,6810 serta nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Nilai koefisien determinasi yang sudah disesuaikan (R Square) sebesar 0,603 hal ini berarti 60,3% variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen sedangkan sisanya (100%-60,3%=39,7%) dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Library & Information Science Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Minfo Polgan (JMP) merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Ganesha Medan terbit berkala (satu tahun dua kali yaitu Maret dan September) dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil riset bidang teknologi dan informasi kepada para akademisi, ...