Indonesian Journal of Islamic Elementary Education
Vol. 1 No. 1 (2021): May 2021

Peran Kepala Madrasah dalam Membina Minat dan Daya Baca Siswa Melalui Program Literasi Semesa

Nur Hidayah (Unknown)
Muchamad Fauyan (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2021

Abstract

Kepala madrasah memiliki peran yang sangat strategis dalam keberhasilan program di madrasah. Kepala Madrasah MI Walisongo Podo menggunakan peran manajerialnya berinisiatif mencetuskan program literasi Senin Membaca Bersama (SEMESA) yang didukung semua warga madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala madrasah dalam membina minat baca siswa melalui program SEMESA. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan peran kepala madrasah di MI Walisongo Podo dalam membina minat baca siswa melalui program SEMESA meliputi peran: (1) peran hubungan antar pribadi (Interpersonal), terdiri dari peran wakil/simbolis, peran pemimpin, peran penghubung; (2) peran penyambung informasi, terdiri dari peran pengawas aliran informasi, penerus informasi, juru bicara; dan (3) peran pembuat keputusan, terdiri dari peran pengusaha/pelopor, pengentas kendala, pengalokasi sumber daya, dan perundingan. Kemampuan kepala madrasah dalam berinovasi dan berkolaborasi dengan semua pihak menjadi jalan keluar dalam memaksimalkan faktor pendukung dan meminimalkan faktor penghambat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijiee

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Islamic Elementary Education is an open access, peer-reviewed, journal published twice a year by the Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Study Program, Faculty of Education and Teacher Training, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan, ...