Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 2 No. 1 (2019)

Desain Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dalam Mengembangkan Keterampilan Scientific Collaboration Siswa pada Mata Pelajaran Fisika

Yunia Nabila Aziziy (Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
Wiyanto Wiyanto (Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
Sulhadi Sulhadi (Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
Budi Naini Mindyarto (Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2020

Abstract

Pembelajaran Fisika di SMA yang memberdayakan keterampilan Scientific Collaboration belum dilakukan secara sengaja serta belum adanya Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) yang berorientasi pada peningkatan keterampilan Scientific Collaboration. Pembelajaran UKBM yang memberdayakan Scientific Collaboration merupakan unit pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan Scientific Collaboration dengan membiasakan siswa belajar mandiri dan saling berkolaborasi dengan teman sejawatnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluate) .Keefektifan perangkat pembelajaran berdasarkan tes pemahaman konsep mengalami peningkatan rata-rata N-gain kelas eksperimen dengan kategori tinggi. Keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen pada pertemuan pertama sampai kelima telah dilakukan dengan kategori baik. Guru dan siswa memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran yang diterapkan di dalam kelas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...