Pandemi Covid-19 di Indonesia membawa perubahan yang sangat signifikan, khususnya dalamdunia pendidikan. Pada kondisi seperti saat ini, kegiatan pembelajaran mengalami dampak yangsangat besar, bahkan harus mengganti proses pembelajaran yang seharusnya dilaksanakandisekolah, namun saat ini harus dilakukan dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskanproses pembelajaran daring dan kajian dampak pandemi covid-19. Metode yang digunakan padapenelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancaratidak struktur dan studi pustaka. Subjek penelitian berjumlah 3 responden, yaitu 1 guru kelas, 1orang tua siswa, 1 siswa. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran daring di salah satu SDKecamatan Muncar sudah berjalan dengan memanfaatkan aplikasi whatsapp, google classroom danzoom. Dampak positif adanya pandemi Covid-19, mengajak guru, siswa, dan orang tua mengenalteknologi. Namun, lebih banyak dampak negatif yang dirasakan, yaitu guru di harapkan dapatmencapai target kompetensi melalui pembelajaran daring ini, namun nyatanya untuk mencapaitarget tersebut masih banyak kendala, seperti kurangnya peserta didik dalam memberikan umpanbalik secara cepat, peserta didik kurang dalam memahami materi yang diberikan, kurangnya alatkomunikasi membuat peserta didik tidak dapat mengumpulkan tugas secara tepat waktu, penjelasanguru tidak jelas ketika signal buruk sehingga materi yang disampaikan tidak diterima dengan baik.
Copyrights © 2020