Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 4 No. 1 (2021)

Nilai Moral dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2019 dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar di SMA

Inir Inir (Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon)
Juwanda Juwanda (Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon)
Masrurih Masrurih (Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai moral yang terdapat dalam kumpulan cerpen pilihan Kompas 2019, , (2) merancang bahan ajar teks cerpen untuk siswa kelas XI SMA, dan (3) mengetahui hasil validasi bahan ajar. Cerpen merupakan karya sastra yang di dalamnya menceritakan kehidupan sosok tokoh. Di dalam teks cerpen pastinya mengandung nilai kehidupan. Salah satunya yaitu nilai moral. Dalam lingkup nilai moral terdapat empat yaitu; (1) kategori nilai moral hubungan manusia dengan dirinya sendiri, (2) kategori nilai moral hubungan manusia dalam lingkup sosial, (3) kategori nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan-Nya, dan (4) kategori nilai moral hubungan manusia dengan alam. Sedangkan bahan ajar digunakan untuk membantu seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitik. Simpulan dalam penelitian ini adalah; (1) kategori nilai moral yang terdapat dalam kumpulan cerpen pilihan Kompas 2019 yaitu nilai moral hubungan manusia dengan dirinya sendiri, nilai moral hubungan manusia dengan manusia dalam lingkup sosial, dan nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan-Nya, dari ketiga masing-masing kategori tersebut di dalamnya mengandung nilai Moral. (2) cerpen yang dijadikan sebagai bahan ajar teks cerpen adalah empat, yaitu Mereka Mengeja Larangan Mengemis karya Ahmad Tohari, Mek Mencoba Menolak Memijat karya Rizqi Turama, Hyang Ibu karya Made Adnyana Oleh, dan Di Atas Tanah Retak karya Indra Tranggono. (3) rancangan bahan ajar disusun berdasarkan KD 3.8 Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca dan KD 4.8 Mendemonstrasikan salah satu nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca. (4) hasil validasi dosen ahli dan guru bahasa Indonesia, yaitu berdasarkan hasil validasi dosen ahli yang diperoleh yaitu sebanyak 94%. Hasil validasi guru bahasa Indonesia yang diperoleh yaitu sebanyak 92%. Nilai secara keseluruhan dari hasil kedua validator ahli di atas yaitu 93% dikategorikan sangat valid. Abstract. The purpose of this study are; (1) to describe the moral values contained in the collection of short stories selected by Kompas 2019, (2) to design short story text teaching materials for class XI high school students, and (3) to find out the results of the validation of teaching materials. Short story is a literary work that tells the life of a character. The short story contains the value of life. One of them is moral values. Within the scope of moral values, there are four namely; (1) category of moral value of human relationship with himself, (2) category of moral value of human relationship in the social sphere, (3) category of moral value of human relationship with God, and (4) category of moral value of human relationship with nature. While teaching materials are used to assist a teacher in carrying out the learning process. The method used by the researcher is a qualitative method using an analytical descriptive approach. The conclusions in this study are; (1) the categories of moral values contained in the collection of short stories selected by Kompas 2019 are the moral values of human relations with themselves, the moral values of human relations with humans in the social sphere, and the moral values of human relationships with God, from each of these three categories, it contains moral values. (2) short stories that are used as teaching materials for short stories are four, namely They Spelling The Prohibition of Begging by Ahmad Tohari, Mek Trying to Refuse to Massage by Rizqi Turama, Hyang Ibu by Made Adnyana By, and On the Ground of Cracks by Indra Tranggono. (3) the design of teaching materials is prepared based on KD 3.8 Identifying the values of life contained in a collection of short stories read and KD 4.8 Demonstrating one of the values of life contained in a collection of short stories read. 4) the results of the validation of expert lecturers and Indonesian language teachers that is based on the results of expert lecturer validation obtained as much as 94%. The results of the Indonesian language teacher validation obtained were 92%. The overall value of the results of the two expert validators above is 93% categorized as very valid.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...