Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 5 No. 1 (2022)

Kesiapan Dosen Dalam Mengajar Mata Kuliah Listening Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19

Hustarna Hustarna (Universitas Negeri Semarang)
Mursid Saleh (Universitas Negeri Semarang)
Sri Wuli Fitriati (Universitas Negeri Semarang)
Zulfa Sakhiyya (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Listening merupakan salah satu mata kuliah yang dianggap sulit untuk diajarkan. Fakta tersebut merupakan hasil temuan penelitian yang dilakukan secara luring. Oleh karena itu, pengajaran Listening secara online bisa jadi lebih sulit mengingat yang harus disiapkan bukan hanya kompetensi mengajar secara umum dan perangkat pembelajaran yang rutin disipakan tetapi juga kompetensi digital dan ketersediaan perangkat pendukung yang memadai untuk bisa terlaksananya pengajaran daring tersebut. Penelitian ini mengeksplorasi kesiapan dosen dalam mengajar mata kuliah Listening secara daring pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan metode studi kasus yang melibatkan dua orang dosen Bahasa Inggris di salah satu universitas negeri yang ada di Indonesia. Data dari hasil angket, wawancara dan observasi menunjukkan bahwa semua partisipan tidak siap untuk mengajar Listening secara daring. Banyak kendala yang mereka temui dan proses pembelajaran tidak berjalan efektif. Temuan dari hasil penelitian ini bisa dijadikan rujukan bagi pihak terkait untuk bisa membenahi infrastruktur dan menyediakan pelatihan-pelatihan yang memadai bagi para dosen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...