Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu)
Vol 4 (2022): Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu)

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PEMBUATAN TAMAN RUMPUT PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAGARALAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Kristina Marta Novari (STKIP Muhammadiyah Pagar Alam)
Melsi Indah Putri (STKIP Muhammadiyah Pagar Alam)
Reza Lestari (STKIP Muhammadiyah Pagar Alam)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) aktivitas siswa selama diterapkannya media pembelajaran melalui pembuatan taman rumput dan 2) hasil belajar siswa setelah diterapkannya media pembelajaran melalui pembuatan taman rumput pada materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 1 Pagaralam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kategori one shot case study yang melibatkan 32 siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pagaralam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama diterapkan media pembelajaran melalui pembuatan taman rumput dikategorikan sangat aktif yang dilihat dari aktivitas visual, lisan, mendengarkan, metrik, dan menulis. Sedangkan hasil belajar siswa setelah diterapkannya media pembelajaran melalui pembuatan taman rumput dikategorikan baik sekali yang ditunjukkan dari nilai rata-rata siswa. Dengan demikian, media pembelajaran sangat cocok digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi luas lingkaran.Kata kunci: Media, Pembelajaran, Taman Rumput, LingkaranThis study aims to determine 1) student activities during the implementation of learning media through making grass gardens and 2) student learning outcomes after implementing learning media through making grass gardens on circle material in class VIII SMP Negeri 1 Pagaralam. This research is an experimental research in the one shot case study category involving 32 class VIII students at SMP Negeri 1 Pagaralam. The results of the study showed that student activity during the application of learning media through making grass gardens was categorized as very active as seen from visual, oral, listening, metric, and writing activities. While student learning outcomes after the implementation of learning media through making grass gardens are categorized as very good as shown by the average student score. Thus, learning media is very suitable for use in learning mathematics, especially in the circle area material.Keywords: Media, Learning, Lawn Garden, Circle

Copyrights © 2022