Journal of Vocational Instruction
Vol 2, No 1 (2023): Mei

PENGARUH SIKAP KERJA TERHADAP KESADARAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA KARYAWAN PT. JAPFA COMFEED INDONESIA TBK UNIT MAKASSAR (DIVISI PLANT - PRODUCTION)

Andi Muhammad Idkhan (Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar)
Fiskia Rera Bahaharuddin (Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar)
Syaipul Pajri (Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap kerja terhadap kesadaran keselamatan dan kesehatan kerja karyawan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Unit Makassar (Divisi Plant – Production). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah sikap kerja, sedangkan variabel terikatnya adalah kesadaran keselamatan dan kesehatan kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di JCI Unit Makassar sebanyak 208 orang, sedangkan sampelnya sebanyak 36 orang dari divisi plant - production. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan kuesioner yang berisi pernyataan-pertanyaan terkait variabel bebas dan terikat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh : (1) sikap kerja berpengaruh positif terhadap kesadaran keselamatan dan kesehatan kerja, hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung = 17,387 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,005. (2) terdapat pengaruh positif antara sikap kerja terhadap kesadaran keselamatan dan kesehatan kerja dengan nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,582, dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,338. (3) persamaan regresi antara sikap kerja terhadap kesadaran keselamatan dan kesehatan kerja dapat dinyatakan dengan Y ̂ = 23,456 + 0,650X, persamaan tersebut menunjukkan bahwa nilai koefisien X sebesar 0,650 yang berarti apabila sikap kerja (X) meningkat 1 poin, maka kesadaran keselamatan dan kesehatan kerja (Y) akan meningkat sebesar 0,650 poin.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jovi

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Education Engineering Mechanical Engineering Other

Description

Jurnal JoVi; Journal of Vocational Instruction adalah salah satu jurnal yang konsisten memuat berbagai jenis artikel berupa hasil penelitian, gagasan dan kajian pustaka di bidang pendidikan, teknologi dan kejuruan khususnya pada bidang Teknik Mesin. Jurnal JoVi terbit 2 kali pada Bulan Mei dan ...