EQUILIBIRIA
Vol 9, No 1 (2022): Juni 2022

PENGARUH TINGKAT EKONOMI KELUARGA, UANG SAKU, JENIS KELAMIN DAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF TERHADAP FINANCIAL LITERACY MAHASISWA AKUNTANSI

Budhinanda Tanri (Universitas Ciputra)
Maria Asumpta Evi Marlina (Universitas Ciputra)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Financial literacy merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengelola keuangan pribadi untuk mengatur masa depan. Seluruh masyarakat membutuhkan financial literacy agar mereka dapat mengelola keuangan mereka dengan baik. Pada masa pandemi covid-19 ini, kemampuan seseorang dalam mengelola keuangan sangat dibutuhkan karena ekonomi negara menurun yang menyebabkan pemasukan seseorang akan menurun dan menyebabkan banyak kebutuhan yang tidak terpenuhi. Tanpa adanya pemahaman keuangan yang baik maka kehidupan seseorang akan menjadi sangat sulit karena tidak bisa mengelola keuangan yang mereka miliki. Financial literacy harus membutuhkan pelatihan dari kecil, pengalaman, dan kontrol diri yang baik agar mampu mengelola keuangan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari jenis kelamin, indeks prestasi kumulatif, tingkat ekonomi keluarga, dan uang saku mahasiswa terhadap financial literacy mahasiswa akuntansi angkatan 2018-2020 di Universitas Ciputra Surabaya dengan menggunakan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB). Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa akuntansi angkatan 2018-2020 yang telah mempelajari tiga mata kuliah. Mata kuliah yang menjadi syarat dalam penelitian ini yaitu penganggaran, investasi, dan matematika bisnis. Mahasiswa akuntansi menjadi sasaran penelitian karena diharapkan mereka memiliki tingkat pemahaman yang baik karena telah mempelajari akuntansi di perkuliahan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data primer dengan menggunakan kuesioner berupa google form yang disebarkan menggunakan media social. Analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Versi 22. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel jenis kelamin dan indeks prestasi kumulatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial literacy. Sedangkan variabel tingkat ekonomi keluarga dan uang saku mahasiswa berpengaruh negatif dan signifikan terhadap financial literacy.Kata Kunci: Jenis Kelamin, Indeks Prestasi Kumulatif, Tingkat Ekonomi Keluarga, Uang Saku Mahasiswa, Financial Literacy, Theory of Planned Behavior.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

equi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Jurnal EQUILIBIRIA Fakultas Ekonomi merupakan media publikasi ilmiah internal fakultas Ekonomi, Universitas Riau Kepulauan focus pada karya ilmiah berupa tulisan dari hasil penelitian yang dilakukan dosen yang meliputi disiplin ilmu Manajemen dan Akuntansi dan ilmu-ilmu lainnya yang ...