Penggunaan metode pembelajaran simulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDI Bontoloe Kabupaten Gowa. Penelitian ini dilaksanakan di SDI Bontoloe Kabupaten Gowa tahun ajaran 2022/2023 pada mata pelajaran IPS yang dilakukan selama dua siklus. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDI dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi,tes dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada siklus I Presentase peserta didik memperoleh nilai tuntas 64% dengan nilai rata-rata 71 sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 24% sehingga persentase peserta didik memperoleh nilai tuntas 88% dengan nilai rata-rata 83,2. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDI Bontoloe Kabupaten Gowa pada mata pelajara IPS
Copyrights © 2023