Studio Songket Palantaloom merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi songket di daerah Ampek Angkek Kabupaten Agam Sumatera Barat. Studio ini didirikan pada tahun 2005 dan sejak awal berdiri hingga saat ini studio ini tidak banyak mengalami kenaikan penjualan, hal ini disebabkan karena sedikitnya konsumen yang meminati songket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat dalam meningkatkan penjualan songket pada Studio Songket Palantaloom di Kecamatan Ampek Angkek. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah riset perpustakaan dan riset lapangan. Dengam Metode analisa yang digunakan adalah anasisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities dan Threat) dengan matriks IFE, EFE, matriks SWOT dan Matriks QSP. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa alternatif strategi yang di dapat yaitu membuat songket yang bersifat eksklusif, meningkatkan kemampuan berbahasa dan berkomunikasi karyawan, melakukan promosi secara berkelanjutan, membentuk kerja sama dengan komunitas-komunitas dan Wedding Organizer, menambah supplier bahan baku pembuatan songket, meluncurkan produk baru untuk mengatasi kejenuhan konsumen, dan menjaga kestablian bahan baku benang pembuatan songket. Strategi pemasaran prioritas yang disarankan adalah membuat songket bersifat eksklusif, meluncurkan produk baru dan melakukan promosi secara berkelanjutan
Copyrights © 2023