JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi)
Vol. 9 No. 3 (2023): Juni 2023

Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Songket Pada Studio Songket Palantaloom Kecamatan IV Angkek

Sri Kemala (ITBHAS Bukittinggi)
Diah Permata (Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi)
Almasdi (Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi)
Rina Supriyanita (Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi)
Lya Mardiati (Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Studio Songket Palantaloom merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi songket di daerah Ampek Angkek Kabupaten Agam Sumatera Barat. Studio ini didirikan pada tahun 2005 dan sejak awal berdiri hingga saat ini studio ini tidak banyak mengalami kenaikan penjualan, hal ini disebabkan karena sedikitnya konsumen yang meminati songket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat dalam meningkatkan penjualan songket pada Studio Songket Palantaloom di Kecamatan Ampek Angkek. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah riset perpustakaan dan riset lapangan. Dengam Metode analisa yang digunakan adalah anasisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities dan Threat) dengan matriks IFE, EFE, matriks SWOT dan Matriks QSP. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa alternatif strategi yang di dapat yaitu membuat songket yang bersifat eksklusif, meningkatkan kemampuan berbahasa dan berkomunikasi karyawan, melakukan promosi secara berkelanjutan, membentuk kerja sama dengan komunitas-komunitas dan Wedding Organizer, menambah supplier bahan baku pembuatan songket, meluncurkan produk baru untuk mengatasi kejenuhan konsumen, dan menjaga kestablian bahan baku benang pembuatan songket. Strategi pemasaran prioritas yang disarankan adalah membuat songket bersifat eksklusif, meluncurkan produk baru dan melakukan promosi secara berkelanjutan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jemsi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) is an electronic independent international scientific and academic journal that aims to publish scholars’ original and high-quality manuscripts and reports in all fields of business. JEMSI adheres to an open access policy to accelerate the ...