GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Vol 4 No 2 - Apr (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI PADA NASABAH PT. BANK RAKYAT INDONESIA PERSERO. TBK KANTOR CABANG KUPANG)

Yosefa Idju (Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nusa Cendana, Kupang)
Apriana H J Fanggidae (Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nusa Cendana, Kupang)
Yosefina K I D D Dhae (Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nusa Cendana, Kupang)
Ronald P C Fanggidae (Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nusa Cendana, Kupang)



Article Info

Publish Date
13 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Kualitas Pelayanan (Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati) terhadap Kepuasan Nasabah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT.Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kupang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling dengan metode Accidental Sampling, sampel yang digunakan adalah 100 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial, variabel Bukti Fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah, Kehandalan tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah , Daya Tanggap berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah, Jaminan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah, dan Empati berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Secara simultan, Variabel Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah PT.Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kupang Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Bukti Fisik, Daya Tanggap, Kehandalan, Jaminan, Empati, Kepuasan Nasabah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

glory

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Prodi Manajemen, Universitas Nusa Cendana Kupang yang memuat hasil penelitian ilmiah berupa kajian teoritis ataupun empiris, yang bersumber dari review literatur, penelitian lapangan, best practice ataupun kombinasi dari ...