Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis
Vol. 15 No. 1 (2023): Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis

KAJIAN PERILAKU GELOMBANG AKIBAT ADANYA STRUKTUR TIANG PANCANG SILINDER MELALUI ANALISIS SPEKTRUM ENERGI

Gandhi Napitupulu (Department of Earth Sciences, Faculty of Earth Sciences and Technology, Institut Teknologi Bandung, Bandung, 40132, Indonesia)
Totok Suprijo (Oceanography Research Group, Faculty of Earth Sciences and Technology, Institut Teknologi Bandung, Bandung, 40116, Indonesia)
Faruq Khadami (Unknown)
Faizal Ade R. Abdullah (Unknown)
Hening Sesami (Department of Oceanography, Faculty of Earth Sciences and Technology, Institut Teknologi Bandung, Bandung, 40132, Indonesia)
Poerbandono (Hydrography Research Group, Faculty of Earth Sciences and Technology, Institut Teknologi Bandung, Bandung, 40116, Indonesia)
Adi Prasetyo (Experimental Station for Coastal Engineering, The Ministry of Public Works and Housing Buleleng, Bali, 81116, Indonesia)
Juventus Ginting (Experimental Station for Coastal Engineering, The Ministry of Public Works and Housing Buleleng, Bali, 81116, Indonesia)
Eduardo Simanjuntak (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Struktur pemecah gelombang banyak dimanfaatkan untuk perlindungan pantai dari hantaman gelombang laut yang berpropagasi ke daerah pesisir pantai. Salah satu inovasi pemecah gelombang yang sedang dikembangkan yaitu struktur tiang pancang. Tiang pancang merupakan replikasi batang pohon bakau yang dapat meredam energi gelombang. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis efektivitas struktur tiang pancang dengan menganalisis perilaku gelombang sebelum dan sesudah bertabrakan dengan struktur tiang pancang berdasarkan pembagian teori gelombang. Simulasi laboratorium fisik telah dilakukan untuk mendapatkan data gelombang yang berinteraksi dengan struktur tiang pancang. Selanjutnya, dilakukan analisis spektrum energi untuk menentukan spektrum energi gelombang datang, refleksi dan transmisi dari pengukuran wave probe berupa data time series. Masing-masing spektrum energi digunakan untuk melihat kemampuan refleksi dan transmisi dari struktur tiang pancang dari koefisien refleksi dan transmisi. Nilai koefisien refleksi dan transmisi diestimasi dengan persamaan polinomial derajat tiga menghasilkan dan dengan variabel parameter dasar gelombang yaitu tinggi gelombang, periode gelombang dan kedalaman perairan. Titik kritis dari persamaan polinomial menunjukkan nilai koefisien refleksi dan transmisi minimum ketika berada pada daerah Cnoidal dan maksimum ketika berada pada daerah Stokes orde-2.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalikt

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Decision Sciences, Operations Research & Management Library & Information Science

Description

Aims and Scope Journal of Tropical Marine Science and Technology (Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis) is a scientific journal in the field of tropical marine science and technology. We have a aims and scope to focus in publishing a good quality scientific articles for dissemination of ...