Banyaknya pelaku UMKM yang terdampak paska pandemi covid-19 menyebabkan kualitas sektor bisnis UMKM menurun, hal ini tentunya akan berdampak signifikan terhadap stabilitas ekonomi masyarakat. Pelaku UMKM perlu lebih berusaha untuk mempertahankan bahkan mengembangkan usahanya. Oleh karena itu kegiatan implementasi ini bertujuan untuk menggerakan serta mengembangkan kembali sektor bisnis UMKM paska pandemi covid-19 yang terjadi pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Toko Union Motor. Dengan membangkitkan kembali sektor bisnis UMKM yang mengalami keterpurukan selama paska pandemi covid-19, tentunya hal tersebut dapat mempengaruhi pendapatan maupun kesejahteraan masyarakat pada suatu daerah agar dapat lebih terjamin. Pada kegiatan ini akan dilakukan implementasi strategi pengembangan layanan jasa dengan konsep The Flower Of Service, antara lain informasi, pembayaran, penagihan, serta konsultasi pada Toko Union Motor. Metode pengumpulan data pada kegiatan ini menggunakan teknik wawancara dan observasi secara langsung. Hasil implementasi pada kegiatan ini adalah pembuatan akun Instagram, pembuatan daftar harga layanan jasa, banner promosi, pembayaran Digital dengan QRIS, akun pencatatan penjualan Digital e-Nota, dan akun Whatsapp Business. Melalui program pengabdian ini diharapkan akan membantu mitra Toko Union Motor untuk memperoleh pelanggan baru dan meningkatkan jumlah pendapatan.
Copyrights © 2023