Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia
Vol 11, No 2 (2023): Mei 2023

Pengetahuan dan Self Efficacy Mahasiswa D3 Kebidanan dengan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Objective Structured Clinical Examination (OSCE)

Natalia Magdalena (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Immanuel Bandung)
Ira Ocktavia Siagian (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Immanuel Bandung)



Article Info

Publish Date
25 May 2023

Abstract

OSCE merupakan jenis evaluasi modern dan sering dipakai untuk mengukur keterampilan klinis mahasiswa. Objective structure Clinical Examination (OSCE) memiliki berbagai macam keunggulan akan tetapi, OSCE juga memiliki kelemahan, yaitu dapat menimbulkan stres pada mahasiswa sebesar (53,5%) juga mengungkapkan bahwa OSCE dapat menimbulkan kecemasan (32,2%) yang mengakibatkan kepercayaan diri menurun sehingga mengganggu kinerja saat OSCE. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan pengetahuan dan self efficacy mahasiswa D3 kebidanan terhadap tingkat kecemasan dalam menghadapi Objective Structured Clinical Examination (OSCE) di STIKes Immanuel Bandung. Desain penelitian ini adalah analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 22 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner online menggunakan google form, kuesioner untuk mengukur pengetahuan, kepercayaan diri menggunakan Kuesioner General Self Efficacy Scale (GSE) dan tingkat kecemasan menggunakan Kuesioner Hamilton Rating Scale Anxiety (HRS-A). Hasil uji validitas kuesioner pengetahuan yang telah dilakukan dari 15 soal pertanyaan didapatkan 14 soal pertanyaan yang valid dengan nilai reliabelnya 0.883 dan sudah reliable, uji validitas kuesioner self efficacy dari 10 pertanyaan semua valid dan sudah reliable, dan hasil uji validitas tingkat kecemasan dari 15 pertanyaan seluruh pertanyaan valid dengan kategori tinggi karena nilai korelasi <0,05 dan sudah reliable.  Hasil penelitian sebagaian besar responden berpengetahuan baik (59.09%), sebagian besar responden memiliki self efficacy rendah (77.27%) dan sebagian besar responden dengan tingkat kecemasan sedang (68.18%). Terdapat hubungan antara pengetahuan dengan tingkat kecemasan dimana diperoleh Zhitung sebesar 2.658 dan Ztabel 1.96. Dan terdapat hubungan antara self efficacy dengan tingkat kecemasan dimana diperoleh Zhitung sebesar 2.360 dan Ztabel 1.96. Berdasarkan hasil penelitian adalah ada hubungan antara pengetahuan dan self efficacy mahasiswa D3 kebidanan terhadap tingkat kecemasan dalam menghadapi Objective Structured Clinical Examination (OSCE).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JKJ

Publisher

Subject

Education Health Professions Nursing Public Health Veterinary

Description

Jurnal Keperawatan Jiwa publishes articles in the scope of mental nursing broadly but is limited, especially in the field of mental nursing in healthy groups, risks, and disorders. Articles must be the result of research, case studies, results of literature studies, scientific concepts, knowledge ...