Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa
Vol. 1 No. 1 (2023): Januari :Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa

Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah

Mutiya Oktariani (Universitas Musamus)
Juli Arianti (Universitas Musamus)
Najdah Thalib (Universitas Musamus)
Prima Lestari Situmorang (Universitas Musamus)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis apakah metode PBL dapat meningkatkan kemampuan HOTS mahasiswa dibandingkan dengan menggunakan metode diskusi. Metode penelitian menggunakan quasi experimental with non equivalent control group design. Teknik pursposive sampling digunakan dalam pemilihan sampel yaitu kelas Akuntansi Lanjutan A sebagai kelas eksperimen berjumlah 26 orang dan Akuntansi Lanjutan B sebagai kelas kontrol berjumlah 12 orang. Hasil analisis post test menunjukkan bahwa data nilai HOTS siswa terdistribusi secara normal dan homogen sehingga digunakan uji statistik ANNOVA one way. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa variabel metode pembelajaran diperoleh nilai F = 11,101 dan P = 0,002 < 0,05 berarti bahwa untuk uji hipotesis diterima, bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa menggunakan metode problem based learning dengan metode diskusi. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran PBL berpengaruh terhadap HOTS mahasiswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

simpati

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Linguistik: fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, pragmatik, sosiolinguistik, analisis percakapan, analisis wacana kritis Sastra: sastra kontemporer, sastra komparatif, pendekatan interdisipliner dalam sastra, kritik sastra, sastra dan sejarah, sastra dan media, sastra dan seni lainnya, puisi ...