Jurnal Ilmiah Sultan Agung
Vol 2, No 1 (2023): Maret 2023

Model Peningkatan Halal Repurchase Intention Berbasis Label Halal, Social Media Marketing, Religiosity Dan Halal Awareness

Rika Ardianto (Unknown)
Alifah Ratnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini diajukan guna mengidentifikasi bagaimana pengaruh label halal terhadap halal awareness. Social media marketing terhadap halal awareness. Religiosity terhadap halal awareness. Label halal terhadap halal repurchase intention. Religiosity terhadap halal repurchase intention dan halal awareness terhadap halal repurchase intention. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian eksplanatori atau explanatory research dimana penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan keterkaitan antara variabel eksogen terhadap variabel endogen. Variabel eksogen pada penelitian ini mencakup label halal, social media marketing, religiosity dan halal awareness sementara untuk variabel endogen adalah halal repurchase intention. Populasi yang akan dianalisis pada usulan penelitian ini adalah konsumen produk susu Bearbrand yang berada di wilayah Semarang. Untuk sampel pada penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sebanyak 100 responden. Untuk metode analisis penelitian yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Program aplikasi penunjang yang digunakan adalah SPSS 22. Hasil analisis menunjukkan label halal memberikan pengaruh positif signifikan pada nilai halal awareness produk susu Bearbrand. Social media marketing berpengaruh positif signifikan terhadap nilai kesadaran halal atau halal awareness produk susu Bearbrand. Religiosity memberikan pengaruh positif signifikan pada halal awareness produk susu Bearbrand. Label halal memberikan pengaruh positif signifikan terhadap minat beli ulang produk-produk halal (halal purchase intention) produk susu Bearbrand. Religiosity memberikan pengaruh positif signifikan terhadap halal repurchase intention produk susu Bearbrand. Halal awareness berpengaruh positif signifikan terhadap halal repurchase intention produk susu Bearbrand. Social media marketing berpengaruh positif signifikan terhadap halal repurchase intention produk susu Bearbrand. Kata Kunci: Label Halal, Halal Awareness, Social Media Marketing, Religiosity, Halal Repurchase Intention

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIMU

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Sultan Agung (JISA) merupakan jurnal untuk memfasilitasi publikasi karya ilmiah mahasiswa yang terbit secara berkala dalam satu tahun setiap Maret dan September. JISA melingkupi bidang keilmuan Teknik, Kesehatan, Humaniora, Ekonomi dan ...