Specta Journal of Technology
Vol. 5 No. 2 (2021): SPECTA Journal of Technology

Pengerasan Baja AISI 316L Menggunakan Metode Pack Carburizing Bersumber Karbon Kayu Mahoni

muhammad ghufron (Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia.)
Istiroyah Istiroyah (Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia.)
Rena Wahju Dhiaul In’am (Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2021

Abstract

Peningkatan kekerasan paduan baja dapat dilakukan dengan meningkatkan kandungan karbon dipermukaanya. Baja AISI 316 L yang memiliki kekerasan awal 189 HV300 dapat ditingkatkan kekerasannya melalui peningkatan jumlah karbon dipermukaan dengan metode pack carburizing. Pada penelitian ini kayu mahoni digunakan sebagai sumber karbon aktif yang diperoleh dengan pemanasan dan pengayakan 150 mesh. Pack carburizing dilakukan pada suhu tinggi yakni 700oC, 750oC, 800oC dan 850oC selama 8 dan 16 jam yang kemudian dilakukan uji kekerasan menggunakan micro vickers hardness tester. Semua spesimen hasil pack carburizing mengalami kenaikan kekerasan dibandingkan dengan spesimen tanpa perlakuan dengan range kenaikan sebesar 24-367 HV3. Kekerasan tertinggi diperoleh pada pemanasan selama 16 jam pada suhu 700oC. Hasil pengujian sudut kontak menunjukkan adanya perubahan sifat pada permukaan dari hidrofilik ke hidrofobik untuk semua sampel sementara dari hasil mikroskop optik diperoleh distribusi ukuran butir kurang dari 60 µm dengan dominan range 15-25 µm.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sjt

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Environmental Science

Description

SPECTA journal is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Teknologi Kalimantan, Balikpapann Indonesia. SPECTA is an open-access peer reviewed journal that mediates the dissemination of academicians, researchers, and practitioners in the field of Physics, ...