Jurnal Matematika Integratif
Vol 11, No 2: Oktober, 2015

Pengembangan Desain Didaktis Materi Pecahan pada Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Jaky Jerson Palpialy (Program Studi Pendidikan Matematika SPS UPI Bandung)
Elah Nurlaelah (Program Studi Pendidikan Matematika SPS UPI Bandung)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan desain didaktis materi pecahan di SMP. Desain didaktis dikembangkan dengan terlebih dahulu mengidentifikasi hambatan belajar (learning obstacles) yang dihadapi siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengikuti tiga tahap pada penelitian desain didaktis (Didactical Design Research). Subyek penelitian adalah 60 siswa kelas VII dan VIII tahun pelajaran 2014/2015 dan 35 siswa kelas VII tahun pelajaran 2015/2016, pada salah satu SMP Negeri di Kabupaten Halmahera Utara. Dari hasil penelitian diperoleh informasi: (1) hambatan belajar siswa yang teridentifikasi, sepertiĀ  melakukan generalisasi konsep bilangan cacah dan bilangan bulat pada konsep pecahan, dan pengetahuan tentang operasi hitung pecahan yang terbatas pada pemahaman prosedural; (2) desain didaktis empirik terkait materi pecahan di SMP.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jmi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering Mechanical Engineering Transportation

Description

Jurnal Matematika Integratif (JMI) is a national journal intended as a communication forum for mathematicians and other scientists from many practitioners who use mathematics in research. JMI received a manuscript in areas of study mathematics widely, and math-based multidisciplinary studies derived ...