Dalam paper ini disajikan kajian model optimisasi strategi pemilihan media periklanan dengan menggunakan pendekatan konsep set covering (SC). Pentingnya disain model masalah ini terletak pada konstruksi fungsi kendala sebagai masalah SC, dimana himpunan tipe audiens diasumsikan sebagai suatu himpunan yang terlingkupi oleh himpunan media yang tersedia. Ini berarti bahwa himpunan media beranggotakan sub himpunan dari himpunan tipe audiens. Tujuan utama dari masalah pemilihan mediaperiklanan ini dapat dinyatakan sebagai masalah optimisasi untuk menentukan kombinasi terbesar dari setiap anggota dari himpunan media yang melingkupi (atau disebut sebagai suatu cover) atas himpunan audiens dengan biaya promosi periklanan yang minimum. Dapat ditunjukkan bahwa model optimisasi yang diperoleh merupakan masalah Integer Linier Programming (ILP), sehingga masalah ini harus diselesaikandengan menggunakan metode/skema branch and bound dalam perhitungan numeriknya. Selanjutnya, untuk memperoleh suatu model optimisasi yang memperhatikan kondisi logis di dunia nyata, maka disajikan pula penambahan kondisi logis dengan konstruksi fungsi kendala menggunakan konsep conditional constraints. Contoh masalah yang disajikan dalam makalah ini merujuk pada [1].Keywords: optimisasi, pemrograman linier integer, set covering, periklanan, skemabranch and bound
Copyrights © 2013