Chimica Didactica Acta : Journal of Chemistry and Chemistry Education
Vol 2, No 1 (2014)

HUBUNGAN HASIL PEMBUATAN MIND MAPPING DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KROMATOGRAFI KERTAS DIJURUSAN PENDIDIKAN KIMIA IAIN AR-RANIRY

Riza Zulyani (Unknown)
Sri Adelila Sari (Unknown)
Komala Pontas (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hasil pembuatan mind mapping dengan hasil belajarmahasiswa. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia IAINAr-Raniry Letting 2010 sebanyak 49 orang mahasiswa, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah mahasiswaJurusan Pendidikan Kimia IAIN Ar-Raniry Letting 2010 unit I sebanyak 28 orang mahasiswa. Pengumpulan datadilakukan melalui lembar observasi, tes, angket dan rubrik mind mapping. Data yang diperoleh diolah denganmenggunakan rumus korelasi Product Moment Pearson yang hasil datanya diolah menggunakan SPSS 16. Hasilpenelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas mahasiswa dan mahasiswa terlihat antusias mengikuti kegiatanpembelajaran. Persentase keaktifan siswa pada pertemuan pertama sebesar 73,86% dan 93,18% pada pertemuankedua. Hasil belajar mahasiswa dengan penggunaan metode mind mapping secara klasikal mencapai ketuntasansebesar 89,29%. Persentase siswa yang memberi tanggapan positif terhadap penggunaan metode mind mappingmencapai 82,15%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif antara hasil pembuatanmind mapping mahasiswa terhadap hasil belajar pada materi kromatografi kertas.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JCD

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Chimica Didactica Acta is a peer reviewed journal publishing research articles that address the topics of chemistry and chemistry education and practices. We focus on the topics but not limited to organic chemistry, inorganic chemistry, analytical chemistry, biochemistry, physical chemistry and ...