PROFIT : Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Vol 10, No 1 (2023): Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN NHT BERBANTUAN MEDIA TTS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Izza Milenia Ariyati (Universitas Negeri Surabaya)
Riza Yonisa Kurniawan (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Pembelajaran masih menjadikan guru sebagai pusat informasi sehingga hasil belajar peserta didik yang tuntas hanya 14% dan yang tidak tuntas 86%. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Konsep Badan Usaha dengan penerapan integrasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Head Together (NHT) berbantuan media Teka Teki Silang (TTS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X IPA 7 SMAN 1 GEDEG. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan integrasi model, pada siklus I, peserta didik yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 31% dan tidak tuntas berkurang menjadi 69% hingga pada siklus II, peserta didik yang tuntas meningkat menjadi 100% dan yang tidak tuntas 0%. Penerapan integrasi model pembelajaran Problem Based Learning dan Numbered Head Together berbantuan media Teka Teki Silang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan pokok bahasan Konsep Badan Usaha dalam mata pelejaran Ekonomi di kelas X IPA 7 SMAN 1 Gedeg

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

PROFIT : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi mempublikasikan hasil penelitian ilmiah di bidang Pendidikan Ekonomi dan kajian Ilmu Ekonomi lainnya, berupa penelitian dasar, perancangan, dan pengembangan teknologi, serta kajian teoritis. Jurnal terbit secara berkala dua kali setahun (Mei dan ...