JAKU (Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja) (e-journal)
Vol. 7 No. 3 (2022): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja

PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, KEJELASAN SASARAN ANGGARAN, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DESA (STUDI PADA PEMERINTAH DESA KABUPATEN BUNGO)

Padilah Padilah (Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Muaro Bungo, Jambi)
Sri Rahayu (Dosen Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)
Yudi Yudi (Dosen Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Akuntabilitas, transparansi, Kejelasan Sasaran Anggaran, dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Pemerintah Desa (Studi pada Pemerintah Desa Kabupaten Bungo). Sampel dalam penelitian yaitu Kepala Desa,Sekretaris Desa, Badan Permusyawaratan Desa dan Tokoh Masyarakat yang berjumlah 130 responden. Data dalam penelitian adalah data primer. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan Akuntabilitas dan Komitmen Organisasi berpengaruh terhadap kinerja pemerintah desa sedangkan transparansi dan kejelasan sasaran anggaran tidak berpengaruh terhadap kinerja pemerintah desa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jaku

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi dan Keuangan Universitas Jambi (JAKU) merupakan jurnal yang mempublikasikan Tulisan Ilmiah dan hasil penelitian di bidang Akuntansi dari hasil-hasil riset/penelitian yang mencakup analisis statistik, studi kasus maupun penelitian lapangan dari berbagai perspektif. Topik Kajian ...