INTEKNA
Vol 23 No 1 (2023): Jurnal INTEKNA, Volume 23, No. 1, Mei 2023

LEARNING FROM WORKED EXAMPLE : PENGARUH WORKED EXAMPLE (WE) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI DIRECT CURRENT CIRCUIT

Mitra Yadiannur (Politeknik Negeri Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Hubungan Matematika pada fisika dalam pembelajaran sangatlah erat dikarenakan matematika merupakan fundamental dasar dari fisika itu sendiri, sehingga kemampuan peserta didik dalam merepresentasi matematika pada pembelajaran fisika sangatlah ditekankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh worked example dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik pada materi direct current circuit dilihat dari partial eta square pada Anava Mixed Design - General Linear Model (GLM). Jenis Penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Mixed Design dengan kelompok eksperimen - control. Sampel yang digunakan adalah masing-masing 37 peserta didik pada kedua kelompok. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen test yang digunakan adalah Tes kemampuan representasi matematis sebanyak 12 soal essay. Hasil Penelitian menunjukkan terdapatnya perbedaan peningkatkan yang signifikan anatara kelas control dan eksperimen, dimana worked example mampu meningkatkan kemampuan representasi matematis dengan efektifitas sebesar 71,1 % berdasarkan output partial eta square pada kelas eksperimen sedangkan pada kelompok control diperoleh efektifitas sebesar 60,2 %

Copyrights © 2023