Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Ternate dalam menyelesaikan soal kalor dan perpindahannya. Pengumpulan data ini menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan triangulasi data. Instrument tes yang di gunakan adalah soal uraian yang terdiri dari 10 soal kemampuan berpikir kritis yang telah di validasi. Data yang di analisis secara kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Ternate sebanyak 5 siswa. Dari hasil kognitif secara keseluruhan yang mencakup 5 indikator kemampuan kritis dimana siswa mencapai kategori rendah yaitu pada minggu ke 1 dan minggu ke 2, karena pada minggu ke 1 dan minggu ke 2 pemikirian siswa masih rendah dengan nilai rata-rata sebesar 40-20 sebanyak 5 siswa, Sedangkan pada minggu ke 3 hanya 1 siswa yang berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 40-60 berdasarkan kategori kemampuan berpikir kritis.
Copyrights © 2023