P2M STKIP Siliwangi
Vol 10, No 1 (2023): Volume 10 Nomor 1: Mei 2023

OPTIMALISASI MUSIK, GERAK, DAN LAGU DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI PASCA BENCANA

Sharina Munggaraning Westhisi (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi)
Nadi Rahmi Adeska Putri (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi)
Nur Hikmah (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi)
Putri Indriyani Sugianto (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Bencana gempa di wilayah Cianjur dan sekitarnya beberapa waktu lalu berdampak pada sektor pendidikan. Kegiatan pembelajaran pada level Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ikut terdampak pasca bencana tersebut, sehingga diperlukan kegiatan pembelajaran yang dapat mengembalikan motivasi belajar anak dan kembali ke sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi musik, gerak, dan lagu pada kegiatan pembelajaran untuk memotivasi belajar anak pasca bencana. Metode yang digunakan adalah studi kasus yang mana pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif melalui beberapa tahapan yaitu pengumpulan, reduksi, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi musik, gerak, dan lagu pada kegiatan pembelajaran di PAUD mampu menstimulasi dan membangun motivasi belajar anak pasca bencana. Pembelajaran yang terintegrasi dengan gerakan melalui kegiatan bermain mampu berkontribusi positif untuk membangun motivasi belajar anak, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan nyaman dapat berdampak positif bagi anak dalam pengembangan aspek-aspek perkembangan anak secara optimal. 

Copyrights © 2023