Abstrak. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) penguasaan teori mengajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah FBS UNM; (2) keterampilan dasar mengajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah FBS UNM; dan (3) menemukan ada atau tidak adanya implikasi penguasaan teori mengajar terhadap keterampilan dasar mengajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah FBS UNM. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 mahasiswa, dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berupa tes penguasaan teori mengajar dan tes praktik keterampilan dasar mengajar. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan bantuan SPSS 25. Berdasarkan analisis data, sebanyak 21 mahasiswa memiliki penguasaan Teori Mengajar kategori tinggi (72%), 7 mahasiswa kategori sedang (24%), dan 1 mahasiswa kategori rendah (4%). Analisis Praktik Keterampilan Dasar Mengajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar menunjukkan 26 mahasiswa yang memiliki penguasaan Teori Mengajar kategori tinggi (90%), 2 mahasiswa kategori sedang (6%), dan kategori rendah terdapat 1 mahasiswa (4%). Selanjutnya dilakukan uji normalitas dengan bantuan SPSS 25 dan diperoleh Penguasaan Teori Mengajar signifikansinya menunjukkan 0,000 sedangkan Praktik Dasar Keterampilan Mengajar signifikansinya menunjukkan 0,000. Nilai pearson correlation kedua variabel ialah 0,976. Dapat disimpulkan bahwa penguasaan teori mengajar berimplikasi terhadap praktik keterampilan dasar mengajar. Kata Kunci: Implikasi, Penguasaan Teori Mengajar, Praktik Keterampilan Dasar Mengajar
Copyrights © 2021