Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 11

Survey Kohesivitas Kelompok Guru SMKN 3 Makassar

Ramli Rasyid (Universitas Negeri Makassar)
Taufiq Natsir (Universitas Negeri Makassar)
Badaruddin Anwar (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2021

Abstract

Abstrak. Pentingnya kohesivitas sosial guru di sekolah, baik dalam pembelajaran maupun dalam medan sosial sekolah dapat terlihat dalam konteks guru adalah merupakan sebuah kekuatan interaksi dari seorang guru dalam menjalin kerjasama terhadap berbagai stakeholder yang ada, baik terhadap sesama antar guru, guru terhadap siswa, guru terhadap tenaga non kependidikan, dan guru terhadap orang tua atau masyarakat. Sehingga melahirkan kesatuan, kereratan, dan saling menarik yang juga merupakan wujud kongkret dari kompetensi sosial guru. Penelitian ini merupakan penelitian survey bertujuan untuk mengetahui kondisi kohesivitas kelompok antara guru dengan guru muapun pimpinan sekolah sebagai penentu kebijakan pada SMKN 3 Makassar, dan hasilnya menyatakan bahwa  kohesivitas kelompok sangat dinamis level kohesivitas yang tinggi terlihat melalui kecenderungan kelekatan dan kebersatuan kelompok dalam hal kekuatan sosial, kesatuan dalam kelompok, daya Tarik, maupun Kerjasama kelompokKata Kunci: Survey, Kohesivitas, SMK Negeri 3 Makassar  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...