Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
SEMINAR NASIONAL 2022 : PROSIDING EDISI 11

Analisis Kemampuan Praktik Pembelajaran Inovatif pada Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan Universitas Negeri Makassar

Fiskia Rera Baharuddin (Universitas Negeri Makassar)
Amiruddin Amiruddin (Universitas Negeri Makassar)
Andi Muadz Palerangi (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2022

Abstract

Abstrak; Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan guru PPG Dalam Jabatan Kategori 2 Tahun 2022 terkait pembelajaran TPACK pada Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Universitas Negeri Makassar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling kepada mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori 2 Tahun 2022 sebanyak 1449 dari dua puluh dua bidang studi yang dilaksanakan di program studi pendidikan profesi guru universitas negeri Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan teknik analisis statistik deskriptif. Adapun hasil penelitian tingkat pemahamn guru terhadap pembelajaran TPACK adalah (1) Tingkat pemahaman Guru pada aspek Technological Knowledge pada PPG Dalam Jabatan Kategori 2 sebesar 43,82% dengan kategori sangat baik; (2) Tingkat pemahaman Guru pada aspek Content Knowledge pada PPG Dalam Jabatan Kategori 2 sebesar 44,65% dengan kategori sangat baik; (3) Tingkat pemahaman Guru pada aspek Pedagogical Knowledge pada PPG Dalam Jabatan Kategori 2 sebesar 47,34% dengan kategori sangat baik; (4) Tingkat pemahaman Guru pada aspek Pedagogical Content Knowledge pada PPG Dalam Jabatan Kategori 2 sebesar 44,79% dengan kategori sangat baik; (5) Tingkat pemahaman Guru pada aspek Technological Content Knowledge pada PPG Dalam Jabatan Kategori 2 sebesar 54,04% dengan kategori sangat baik; (6) Tingkat pemahaman Guru pada aspek Technological Pedagogical Knowledge pada PPG Dalam Jabatan Kategori 2 sebesar 48,00% dengan kategori sangat baik; (7) Tingkat pemahaman Guru pada aspek Technological Pedagogical Knowledge Technological pada PPG Dalam Jabatan Kategori 2 sebesar 49,28% dengan kategori sangat baik.Kata kunci: Pembelajaran, Guru, TPACK

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...