Abstrak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan predisposisi kinerja akademik mahasiswa dalam mengikuti kuliah dalam jaringan ‘daring’ yang didasarkan kepada persepsi mereka. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di Kota Makassar. Ada 135 orang mahasiswa dari Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Muhammadiyah Makassar (UNISMUH), dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Nusantara (STIE Tri Dharma Nusantara) sebagai sampel yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan pertanyaan tertutup yang disebarkan secara on line. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Modus hasil analisis data menunjukkan kecenderungan situasi kinerja akademik yang dipersepsikan oleh mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja akademik mahasiswa dipersepsikan secara umum tidak berubah dibandingkan dengan kinerja yang sama saat kuliah tatap muka. Disimpulkan bahwa kuliah daring menurut persepi mahasiswa cenderung disikapi sebagai prosedur baru yang tidak memicu perlu perubahan pada kualitas interaksi dan komitmen. Kata Kunci: Daring, Persepsi Mahasiswa, Pelaksanaan Kuliah, Kinerja Akademik
Copyrights © 2022