Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
SEMINAR NASIONAL 2022 : PROSIDING EDISI 6

Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Impulsif Online pada Konsumen Muda Makassar

Sitti Hasbiah (Universitas Negeri Makassar)
Burhanuddin Burhanuddin (Universitas Negeri Makassar)
Taslim Dangga (Universitas Negeri Makassar)
Ilma Wulansari Hasdiansa (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2022

Abstract

Abstrak. Pandemi virus corona (COVID-19) telah mengubah pola perilaku konsumen Indonesia, terutama perubahan kebiasaan belanja konsumen. Penetrasi smartphone dan internet serta meningkatnya konsumen kelas menengah, dikombinasikan dengan populasi muda yang paham teknologi, juga merupakan penentu utama pertumbuhan perdagangan online Pertumbuhan transaksi perdagangan online ini memunculkan aspek-aspek baru dari perilaku berbelanja konsumen, salah satunya adalah pembelian impulsif. Lingkungan ritel di Indonesia saat ini memiliki banyak ruang untuk pembelian impulsif. Pembelian impulsif online telah menjadi semakin lazim dalam penelitian e-commerce dan perdagangan sosial. Studi ini menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian impulsif online konsumen Generasi Z dan Milenial selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menilai apakah media sosial, social commerce, dan motivasi hedonis selama pandemi COVID-19 mempengaruhi perilaku pembelian impulsif online konsumen muda. PLS-SEM dilakukan dengan menggunakan 237 tanggapan valid dari konsumen berusia 18-35 tahun yang berbelanja online selama pandemi, yang dikumpulkan melalui survei online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelian impulsif berkorelasi signifikan dengan keempat variabel laten. Lebih lanjut, merebaknya pandemi COVID-19 menyebabkan pembelian impulsif terutama pada kategori barang fashion. Implikasi dan rekomendasi untuk penelitian masa depan dibahas dalam studi ini. Kata Kunci: Online Impulsive Buying Behavior, Pandemi Covid-19, Motivasi Hedonis, Sosial Media

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...