Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 1 No 1 (2022): JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PENGMAS)

PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN MEKARMULYA KECAMATAN PANYILEUKAN KOTA BANDUNG - JAWA BARAT

Fitra Nurhakim (STIA BAGASASI)
Yunita Fourina Dewi (STIA BAGASASI)
Mira Veranita (Adhirajasa Reswara Sanjaya)
Rita Zulbetti (Universitas Muhammadyah Bandung)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2022

Abstract

Kepercayaan publik atas pelayanan yang baik harus senantiasa dibangun dan pemenuhan harapan juga tuntutan masyarakat akan pelayanan yang prima juga harus terus ditingkatkan. Pelayanan publik dalam administrasi kependudukan menjadi perhatian pemerintah dan harus dijalankan, termasuk pleh para Pengurus RW dan RT sebagai ujung tombak dan kepanjangan tangan dari pemerintah sesuai dengan Peraturan Walikota Nomor 215 tahun 2018. Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh Tim PKM STIA Bagasasi bertujuan untuk memberikan informasi, pemahaman dan sosialisasi mengenai peraturan, prosedur dan tata cara Administrasi Kependudukan di Kelurahan Mekarmulya Kecamatan panyileukan Kota Bandung. Kegiatan yang dilakukan berupa pelatihan ini berjalan dengan lancar, diikuti dengan antusiasme yang tinggi dan didukung penuh oleh Pemerintah setempat, masyarakat dan LPPM STIA Bagasasi. Peserta sebanyak 63 (enampuluh tiga) orang mendapatkan informasi yang menyeluruh dan diharapkan di waktu yang akan datang kegiatan ini masih bisa terus dilanjutkan secara berkesinambungan dan berkelanjutan agar pelayanan kepada publik dan masyarakat menjadi semakin baik dan tuntutan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan public yang berkualitaspun semakin terwujud. Public trust in good service must always be built and the fulfillment of expectations as well as community demands for excellent service must also be continuously improved. Public services in population administration are the government's concern and must be carried out, including by RW and RT administrators as spearheads and extensions of the government in accordance with Mayor Regulation Number 215 of 2018. The Community Service Activities carried out by the STIA Bagasasi PKM Team aim to provide information, understanding and socialization regarding the regulations, procedures and procedures for Population Administration in Kelurahan Mekarmulya, Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. The activities carried out in the form of this training ran smoothly, followed by high enthusiasm and fully supported by the local government, the community and LPPM STIA Bagasasi. Participants as many as 63 people received comprehensive information and it is hoped that in the future this activity can still be continued in a sustainable and sustainable manner so that services to the public and the community are getting better and the demands of the community for the implementation of quality public services are increasingly realized.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pengmas

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Analisis, temuan atau refleksi kegiatan PKM yang tidak terbatas pada konsep, metode, sasaran PKM, hasil luaran PKM, dan refleksi kegiatan, tetapi juga aspek-aspek penguatan kapasitas masyarakat dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan ...