Schrödinger: Journal of Physics Education
Vol. 2 No. 3 (2021): September

Analisis Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMAN 1 Muaro Jambi terhadap Materi Fisika

Fera Yusmanita (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Muaro Jambi pada materi fisika. Metodologi: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini melibatkan 60 siswa SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai fisika yang diperoleh siswa. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya minat siswa dalam belajar fisika dan kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tiga pengujian dalam pengolahan data yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji korelasi. Temuan Utama: Uji normalitas menunjukkan nilai signifikansi 0,200 > 0,05 sehingga data berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh hasil sebesar 0,153. Karena nilai sig 0,153 > 0,05 maka dapat disimpulkan varians data sama atau homogen. untuk uji korelasi diperoleh hasil signifikansi sebesar 0,03 < 0,05 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antar variabel. Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Evaluasi mengenai hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

SJPE

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Covers all the Schrödinger: Journal of Physics Education (SJPE) at the level of primary, secondary, senior, and higher education. The goal of this journal is to bring together researchers and practitioners from academia and industry to focus on Educational advancements and establishing new ...