BroadComm
Vol. 3 No. 1 (2021)

MOTIF PENGGUNAAN MEDIA PODCAST TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @RADITYA_DIKA

Maharani Nur Azizah (AKMRTV Jakarta)
Emilianshah Banowo (AKMRTV Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Salah satu kemajuan media internet yang mengalami perkembangan media baru adalah konten audio. Konten audio dikembangkan dalam bentuk distribusi di ranah media baru. Kemudahan yang diberikan oleh internet, khususnya produk konten audio dari media baru, dimodifikasi dari segi distribusi, seperti radio online, MP3, audioblog, dan yang terbaru podcast. Podcast berbeda dari radio FM dan AM konvensional, podcast tidak menyiarkan siarannya secara linier. Podcast yang mirip dengan YouTube merupakan platform broadcast on demand, dimana penonton dapat mengaksesnya kapan saja dan dimana saja tanpa harus menunggu waktu tertentu seperti siaran radio konvensional. Dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motif penggunaan media podcast untuk memenuhi kebutuhan informasi pada masa pandemi Covid-19 pada followers Instagram @raditya_dika. Dalam penelitian ini, dengan menggunakan teori Uses and Gratifications, teori ini mengatakan bahwa pengguna media berperan aktif dalam memilih dan menggunakan suatu media. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan rumus Lameshaw yang populasinya tidak diketahui. Populasi penelitian ini adalah followers Instagram @raditya_dika yang berjumlah 16,5 juta followers dengan jumlah sampel 100 followers. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel yaitu purposive sample. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara motif penggunaan media podcast terhadap pemenuhan kebutuhan informasi masa covid-19 pada followers Instagram @raditya_dika sebesar 34,8%

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bcomm

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Broadcasting Communication (Bcomm) menerima karya ilmiah dari Akademisi dan Praktisi untuk dipublikasikan pada terbitan April maupun oktober tiap tahunnya. Cakupan Tema yang dimaksud berkaitan dengan Media dan Teknologi, serta Sosial dan Humaniora. LINK : ...