Pengukuran kinerja memegang peranan penting dalam dunia usaha, dikarenakan dengan dilakukannya pengukuran kinerja dapat diketahui efektivitas dan penetapan suatu strategi dan penerepannya dalam kurun waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengukuran kinerja keuangan dan untuk mengetahui pengukuran kinerja dengan menggunakan pendekatan balanced scorecard di PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Parepare. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti memiliki 4 perspektif, yaitu financial perspective, customer perspective, internal business process perspective serta learning and growth perspective. Hasil dari peneliti di bagian kinerja keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Parepare berdasarkan rasio keuangan selama 4 tahun mulai dari tahun 2015 hingga 2018 sebesar 93% yang berarti sehat dari segi standar kinerja BUMN. Jika dilihat dari perbandingan antara pengukuran kinerja keuangan dengan balanced scorecard di PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Parepare menunjukkan bahwa pengukuran kinerja keuangan sebesar 93% atau sehat namun hanya dari segi keuangan. Sedangkan jika balanced scorecard adalah 86% itu jauh lebih baik dan komprehensif dibandingkan dengan cara kinerja keuangan saja.
Copyrights © 2022