CENDEKIA PENDIDIKAN
Vol 1 No 2 (2022): NOVEMBER

ANALISIS MINAT BACA SISWA DALAM MASA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SD NEGERI 1 AGEL KECAMATAN JANGKAR KABUPATEN SITUBONDO TAHUN AJARAN 2020/2021

Aenor Rofek (universitas abdurachman saleh situbondo)
Fauzan Zamroni (universitas abdurachman saleh situbondo)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2022

Abstract

Minat baca siswa khususnya di sekolah dasar merupakan suatu kuncipenting bagi kemajuan bangsa karena penguasaan ilmu pengetahuan danteknologi hanya dapat dicapai dengan minat baca yang tinggi. Selama pandemisaat ini, siswa harus tetap memiliki minat yang tinggi untuk membaca di rumahsekalipun meskipun mereka tidak belajar di sekolah. Berdasarkan pengamatan, halitu bisa diketahui bahwa siswa kelas IV SD Negeri 1 Agel masih kurang berminatmembaca karena siswa lebih suka bermain daripada membaca buku meskipunsekolah memiliki fasilitas perpustakaan. Rendahnya minat baca siswa tersebutdapat berdampak pada rendahnya pengetahuan dan wawasan siswa. Sedangkansiswa yang memiliki nilai tinggi intensitas membaca akan memiliki tingkatpengetahuan dan wawasan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkajidan mengetahui lebih jauh tentang minat baca siswa secara online masapembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SD Negeri 1 Agel,Jangkar, Situbondo, tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini digunakan kualitatifdeskriptif. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi metode, wawancaradan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah data pengumpulan,reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian inimenunjukkan bahwa minat baca siswa pada pembelajaran daring pada periodeMata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 1 Agel tergolong cukup baikdilihat dari komponen minat baca yang telah dilaksanakan, yaitu pemusatanperhatian, penggunaan waktu, motivasi membaca, emosi dalam membaca, danupaya membaca. Dari hasil tersebut, 50% siswa yangtertarik membaca dan 50%sisanya masih belum tertarik membaca diperoleh dari hasil angket siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekiapendidikan

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal Cendekia memiliki focus and scope dalam Kajian dan penelitian di bidang pendidikan, kajian menejemen Sekolah, PTK (penelitian tindakan kelas), dan hasil penelitian di bidang pendidikan dan pengembangan pembelajaran di sekolah ...