Jurnal Riset Manajemen dan Ekonomi
Vol. 1 No. 1 (2023): JANUARI : JURNAL RISET MANAJEMEN DAN EKONOMI

Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Pelanggan Gojek Di Kota Semarang)

Pandega Ricky Andika (Universitas PGRI Semarang)
Rauly Sijabat (Universitas PGRI Semarang)
Ika Indriasari (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2023

Abstract

Persaingan ojek dipengaruhi oleh maraknya layanan ojek online. Hal ini disebabkan oleh persaingan harga dan banyaknya pilihan layanan ojek internet. Hal ini menyebabkan konsumen menjadi pemilih. Pelanggan akan memilih opsi alternatif yang kepemimpinannya mencerminkan preferensi mereka. Layanan ojek online, khususnya GOJEK, harus mampu membangkitkan kepuasan klien untuk mempersiapkan skenario ini. Penelitian ini menggunakan penelitian survei sebagai metodologinya. Informasi dikumpulkan dari responden menggunakan kuesioner dalam penelitian survei. Dalam penelitian ini, jumlah pertanyaan dalam kuesioner penelitian sebanyak 42, sehingga jumlah sampel 5 kali jumlah pertanyaan atau sebanyak 5 x 42 210, sehingga jumlah sampel yang digunakan sebanyak 210 orang. Namun berdasarkan perhitungan jumlah sampel tersebut melebihi dari batas maksimal sampel yang disyaratkan oleh Hair (1995), sehingga dalam penelitian menggunakan sampel sebanyak 200 orang.Pengujian validitas instrumen pada penelitian ini menggunakan program SmartPLS 3.0 for windows. Pengukuran validitas instrument diuji berdasarkan pada output Outer Loading dan nilai Average Variance Extracted (AVE).Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan merupakan faktor yang tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan GOJEK di kota Semarang. Dapat dilihat dari nilai P-Value (0,128), persepsi harga merupakan faktor yang tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan GOJEK di kota Semarang. Dapat dilihat dari nilai P-Value (0,051),citra merek merupakan faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan GOJEK di kota Semarang. Dapat dilihat dari nilai P-Value (0,000)1. Terdapat pengaruh yang tidak signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi ojek online GOJEK di Kota Semarang. H 2. Terdapat pengaruh yang tidak signifikan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi ojek online GOJEK di Kota Semarang. . 3. Terdapat pengaruh yang signifikan citra merek terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi ojek online GOJEK di Kota Semarang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JRIME

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Manajemen Sumberdaya Manusia , Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sektor Publik, Manajemen Operasional, Manajemen Rantai Pasokan, Corporate Governance, Etika Bisnis, Akuntansi Manajemen dan Pasar Modal dan ...