JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN
Vol 2 No 1 (2019): FEBRUARI

HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR PKn SISWA KELAS X SMA NASRANI 3 MEDAN TAHUN 2017

Manahan Manullang (Universitas Darma Agung)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar PKn siswa kelas X tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X SMA Nasrani 3 Medan tahun 2017. Yang terdiri, dari 2 kelas dengan jumlah siswa 40 orang, dan sampel penelitian seluruh dari jumlah populasi penelitian yaitu 40 orang, Instrument dalam penelitian ini adalah angket sebanyak 40 item dengan empat pilihan (a,b,c,d). Yang terlebih dahulu telah diujicobakan menentukan validitas dan reabilitas angket. Hasil persyaratan uji normalitas data pengelolaan kelas pada taraf signifikan 5% diperoleh X² hitung < X² tabel ( 10,03 < 55,765 ) dan motivasi belajar PKn siswa kelas X SMA Nasrani 3 Medan Tahun 2017 diperoleh X² hitung < X² tabel ( 7,813< 55,76), maka dapat disimpulkan bahwa data kedua variabel penelitian berdistribusi normal. Hasil uji persyaratan linieritas data Pengelolaan Kelas dan Motivasi belajar PKn siswa kelas X SMA Nasrani 3 Medan Tahun 2017 adalah linier, dengan persamaan Y = 10,48 + 0,78 x dikonsultasikan dengan Fhitung, maka Fhitung > Ftabel (27,40> 4,20 Hasil uji kecenderungan Pengelolaan kelas siswa dikategorikan Sedang 15 orang (37,5%) dan Motivasi belajar PKn siswa di ketegorikan Sedang (25%) kelas X SMA Nasrani 3 Medan tahun 2017.Dari hasil uji korelasi diperoleh rhitung = 0,380 dan rtabel = 0.313 Karna rhitung > rtabel (0,380 > 0,313), maka ini menunjukkan ada hubungan pengelolaan kelas dengan motivasi belajar PKn siswa kelas X SMA Nasrani 3 Medan tahun 2017. Untuk menguji signifikansi hubungan kedua variabel tersebut diuji dengan menggunakan uji t, dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,531 dan ttabel = 2,021 Karna thitung > ttabel (2,531 >2,021) dengan taraf signifikan 5% dan jumlah responden 40 orang, maka hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar PKn siswa kelas X tahun 2017.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnalpenelitianfisikawan

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Fisikawan is a scientific publication to disseminate the results of research and society service and the results of various fields of thought knowledge to the klecturers, students and related institutions, especially in Indonesiawhich leads to an increasing the "human development ...