Jurnal Akuatiklestari
Vol 6 (2023): Jurnal Akuatiklestari - Edisi Khusus Seminar Nasional Perikanan Tangkap IX

Inventarisasi Ikan Pelagis di Tempat Pendaratan Ikan Jembatan Sei Enam Kijang Kota Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan Kepulauan Riau

Meriyan Meriyan (Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang, Indonesia 29111)
Susiana Susiana (Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang, Indonesia 29111)
Dedy Kurniawan (Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang, Indonesia 29111)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Ikan pelagis adalah kelompok ikan perenang handal yang menghuni kolom air jauh di atas dasar laut. Ikan merupakan sumber protein hewani yang dibutuhkan oleh manusia, dimana ikan pelagis juga ikan yg memiliki nilai ekonomi dikehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis ikan pelagis yang didaratkan di Jembatan Sei Enam Kijang Kota. Metode penelitian dilakukan melalui metode survey, meliputi instrumen yang berupa kuisoner (wawancara) kepada nelayan di tempat pendaratan jembatan Sei Enam Kijang. Alat tangkap yang digunakan para nelayan adalah dengan menggunakan pancing, dimana Data yang diambil adalah Data Primer dan Data Sekunder. Hasil penelitian terdapat 7 jenis ikan pelagis, diantaranya: Ikan selikur (Megalaspis cordyla), Ikan selar (Atule mate), Ikan tamban (Sardinella lemuru), Ikan mata besar (Selar crumenophthalmus), Ikan barakuda (Sphyraena qenie), Ikan kembung (Rastrelliger kanagurta) dan Ikan selar kuning (Selaroides leptolepis).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

akuatiklestari

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Environmental Science

Description

Akuatiklestari adalah jurnal ilmiah yang dikelola Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Universitas Maritim Raja Ali Haji yang diterbitkan secara elektronik. Akuatiklestari memiliki fokus pada isu isu Manajemen Sumberdaya Perairan seperti : biologi perikanan, ekologi perairan, pencemaran, ...